SISTEMATIKA SURAT LAMARAN KERJA
SISTEMATIKA SURAT LAMARAN KERJA
CATATNPAKGURU- Dimasa pandemi ini, semoga dalam pembelajaran kali ini, kita semua amsih dilimpahkan kesehatan oleh Allah swt. Pada pembelajaran minggu lalu, saya telah memberikan sedikit materi kepada kalian tentang surat lamaran kerja. Sebagai gambaran awal saya juga telah memberikan sebuah laman(link) berisi video tentang antusias warga dalam mencari kerja.
Bekerja dan berpenghasilan adalah idaman semua orang, Bagi sebagian kalangan, seseorang dianggap telah sukses atau berhasil apabila telah bekerja. Hal ini tentu ada benarnya, karena dengan bekerja kita mendapatkan upah atau imbalan dari pekerjaan yang kita kerjakan. Hal ini membuat sebagian orang rela melakukan segala cara hanya untuk dapat bekerja dan berpenghasilan.
Dalam video yang telah saya bagikan, tampak begitu banyak orang-orang yang rela antre hanya untuk menyereahkan surat lamaran kerja. Lapangan kerja yang sedikit dan jumlah manusia yang semakin banyak membuat persanagan antarsesama pencari kerja semakin ketat.
Jika Anda mendengar atau membaca pengumuman atau iklan lowongan pekerjaan, hal-hal berikut dapat Anda lakukan agar anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, yaitu :
a. Pahami dan simak pengumuman atau lowongan yang Anda dapatkan
b. Pahami dan simak apakah kualifikasi kerja tersebut sesuai dengan Anda.
c. Pahami syarat dan ketentuan pekerjaaan yang ditawarkan
d. Langkah terakhir, buat surat lamaran kerja berdasarkan sumber informasi yang Anda dapatkan.
Setiap surat lamaran kerja berbeda, sesuai dengan kebutuhan Anda dalam melamar pekerjaan. Namun, sistematika surat lamaran kerja pada umumnya sama, yaitu sebagai berikut :
1. Perihal
2. Lampiran
3. Tempatm tanggal penulisan surat
4. Alamat yang dituju
5. Salam pembuka
6. Isi surat
7. Identitas diri
8. Kalimat penutup surat
9. Salam penutup
10. Tanda Tnagan dan Nama Jelas
Dalam membuat surat lamaran kerja harus memerhatikan hal-hal berikut
a. Kerapian dan Kebersihan
b. Jika ditulis tangan menggunakan huruf tegak bersambung(disarankan) dan menggunakan kertas polio bergaris
c. Harus digaris pinggir atas bawah kiri kanan (polio bergaris0
d.Lampirkan data-data yang dianggap mendukung Anda sehingga dapat diterima untuk bekerja.
Sekian materi kita hari ini,semoga kalian memahaminya dengan baik.