DATANGI SAMBAS, KESULTANAN SAMBAS BERIKAN GELAR KHUSUS PADA USTAZ ABDUL SOMAD - KISAH PAK GURU Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DATANGI SAMBAS, KESULTANAN SAMBAS BERIKAN GELAR KHUSUS PADA USTAZ ABDUL SOMAD

Sambas- Ustaz Abdul Somad atau biasa akrab dipanggil dengan sebutan UAS adalah salah satu ulama besar yang sangat digandrungi oleh umat Islam saat ini. Isi tausyiah yang sederhana dengan metode penyampaian yang mudah dipahami membuat UAS memiliki ciri khas tersendiri dalam menyampaiakan hukum-hukum islam, baik itu fiqih, tauhid, dan sebagainyta. Ceramah-ceramah UAS sangat diminati dan ditunggu-tunggu kedatangannya oleh seluruh umat Islam di Nusantara, termasuk di Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat.

Sebelumnya diberitakan bahwa, seusai jadwal yang telah dibuat, rencananya UAS akan menjambangi Sambas pada 4 April 2020, namun karena adanya musibah Panxdemi Covid -19, maka rencana itu tertunda hingga batas waktu yang tidak dapat ditentukan. Namun rahmat Allah menghujani Sambas, hingga pada akhirnya UAS benar-benar datang ke Sambas pada 4  Novemvber 2020 tepatnya pada Rabu Malam.

Kedatangan UAS di kabupaten Sambas diterima dan dipusatkan di Pusat Kerajaan Sambas yaitu Istana Alwatzikhubillahh dan diterima langsing oleh pemerintah Kabupaten Sambas dan Abdi dalam Istana Alwatzikhubillah. Masyarakat luas, khusunya warga Sambas dan sekitarnya  menyambut hangat kedatangan Ulama besar ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya warga yang mendatangi acara tersebut.

Berdasarkan informasi yang beredar, sebanyak 7000 warga memadati halaman Istana Alwatzikhubillah Sambas  sejak sore hari, warga berangsur-angsur memadati halaman istana hingga puncaknya sekitar pukul 20.00 WIB halaman istana telah tampak penuh oleh jemaah.

Keadaan cuaca malam tersebut terlihat mendung hingga hujan dengan intensitas sedang sempat mengguyur Kota Sambas dan sekitarnya tidak terkecuali di halaman istana.  Namun hall ini tidak memudarkan semangat warga untuk dapat melihat langsung sosok UAS dan mendengarkkan tausiyahnya dengan hikmat.

Kedatangan UAS kali ini merupakan sebuah peristiwa langka dan ditunggu-tunggu semua lapisan masyarakat, sehingga pihak kerajaan Sambas meen mberikan sebuah penghargaan khusus kepada UAS. Istana Alwatzikubillah memberikan gelar IMAM kepada Ustaz Abdul Somad, Lc. Selain itu, UAS menuturkan bahwa kerajaan Sambas memberikan beberapa cenderamata kepadanya yaitu Kopiah, Baju khas Kerajaan Sambas, serta sebuah cincin Batu Kecubung asal Sempalai Kecamtan Sebawi Kabupates Sambas.